Menggambar Ikon Permata di Adobe Illustrator

Yay, tutorial Adobe Illustrator lagi. Seperti telah saya sebutkan, saya bukan ahli menggambar vektor, juga bukan ahlinya menggambar secara umum, hahaha. Cukup mengagumkan saya bahwa ternyata untuk menggambar objek sesederhana kristal ini dibutuhkan beberapa langkah yang kompleks. Salut untuk para penggambar vektor.

Preview

Berikut adalah tampilan kristal atau permata yang akan diperoleh.

Tutorial

Langkah 1

Bentuk permata atau kristal ini simetris di kedua sisi kiri dan kanannya. Kalau menggambar secara manual tentu sulit untuk menghasilkan bentuk yang simetris. Jadi, kita akan mulai membuat salah satu sisinya dan nanti tinggal menduplikasi untuk melengkapi sisi lainnya. Mulai dengan membuat sebuah segi tiga. Warnanya gunakan hitam dan putih. Pastikan sisi vertikal lurus. Kedua titik di sisi tersebut harus dalam posisi x yang sama.

Langkah 2

Kita perlu membuat sisi yang lain. Duplikasi bentuk ini dengan Ctrl + C lalu Ctrl + F. Klik dan geser titik vertikal paling atas.

Langkah 3

Dengan teknik duplikasi seperti ini kita memperoleh bentuk yang sisinya menempel. Langkah ini akan terus kita ulangi dalam membuat sisi permata lainnya.

Langkah 4

Seperti tadi duplikasi dengan shortcut keyboard yang sama. Geser salah satu titiknya.

Langkah 5

Untuk bentuk yang ini, kita membutuhkan empat sisi, artinya kita butuh satu lagi titik. Klik dengan Tool Pen untuk menambah titik baru.

Langkah 6

Klik dan geser titik tadi hingga kita peroleh bentuk seperti di bawah.

Langkah 7

Ulangi lagi, duplikasi dengan cara yang sama.

Langkah 8

Kini geser salah satu sisi.

Langkah 9

Ulangi lagi untuk membuat sisi paling atas permata. Kita perlu menambah titik baru di sini.

Langkah 10

Kita tidak membutuhkan garis vertikal di tengah kristal. Kita perlu membuangnya. Seleksi garis tersebut dengan Tool Direct Selection lalu tekan Delete.

Langkah 11

Ulangi untuk menghapus sisi vertikal lainnya.

Langkah 12

Saatnya membuat sisi yang hilang. Seleksi semua lalu klik kanan dan pilih Transform > Reflect. Pilih Copy dengan tipe Vertical.

Langkah 13

Sisi lain sudah jadi. Tinggal menggabungkannya.

Langkah 14

Seleksi titik yang menyatu dan klik kanan pilih Join.

Langkah 15

Sekarang sisi sisi ini sudah jadi satu garis panjang yang menyatu. Kita tidak butuh titik tadi. Buang dengan cara klik dengan Tool Pen. Muncul tanda minus kecil di tool tersebut menunjukkan fungsinya.

Langkah 16

Terus ulangi pada segmen garis lainnya.

Langkah 17

Lanjutkan dengan titik yang lain. Jangan sampai ada titik yang tidak dibutuhkan.

Langkah 18

Ini bagian yang menyenangkan. Warnai semua sisi. Misalnya Anda ingin membuat kristal pink, semua sisi harus berwarna pink dalam berbagai variasinya, sebagian gelap dan sebagian lagi terang.

Langkah 19

Kita sudah beres dengan warna. Tapi, saya merasa kristal ini terlalu gemuk. Perlu sedikit perbaikan. Tinggal seleksi semua lalu tarik bingkai transformasinya.

Langkah 20

Sekarang, kita butuh garis luarnya. Mudah saja. Seleksi semua sisi ini lalu duplikasi dan klik Unite di Panel Pathfinder.

Langkah 21

Tebalkan Stroke lalu kosongkan Fill.

Langkah 22

Kita sekarang masuk ke detailnya. Buat garis-garis pendek pada setiap sisi kristal. Garis-garis ini harus terpisah, tidak tersambung. Gunakan Tool Line.

Langkah 23

Atur warna setiap segmen garis ini agar sesuai dengan warna kristal.

Langkah 24

Untuk bentuk kristal lain, kita tinggal mengubah warnanya saja. Jangan cuma warna Fill, tapi juga sesuaikan warna garis-garis di dalam kristal.

Hasil Akhir

Sekadar pemanis, di sini ditambahkan juga bentuk bintang menggunakan Tool Star dengan banyak sides. Jika ikonnya kecil, tentu tidak akan terlihat. Tapi, bagus untuk pemanis dalam detail ikon.

Comments

Popular posts from this blog

Menggambar Mobil Style Flat dengan Adobe Illustrator

Membuat Pin dengan Photoshop

Teknik Profesional Menghaluskan Kulit di Photoshop