Tutorial Menggambar Singa Vektor di Adobe Illustrator

Satu lagi tutorial Adobe Illustrator. Saya bukan ahli menggambar vektor. Bahkan, suck at drawing. Tapi, ini tidak harus mencegah saya dari berbagi cara menggambar vektor. Toh, jika Anda anggap ini jelek tinggal tinggalkan saja situs ini, jangan dibaca. Fair enough kan? Jika Anda sangat desperate untuk belajar Adobe Illustrator dan hanya menemukan tutorial ini saja, lanjutkan!

Preview

Sebelum mulai, ada baiknya Anda melihat gambar singa jelek ini. Saya menganggap mukanya lebih seperti beruang. Tapi, berkat rambut gimbalnya, mukanya masih terselamatkan dan tetap dianggap sebagai sang raja hutan.

Tutorial

Langkah 1

Kita mulai dengan menggambar kepalanya, lebih spesifik lagi, rambutnya. Ini adalah elemen terpenting karena menentukan bahwa hewan ini jadi singa. Tanpa rambut ini, bisa jadi kucing, beruang, atau yang lain. Rambut ini terbuat dari bintang yang dimodifikasi. Kita gunakan Tool Star.

Langkah 2

Klik sekali untuk membuat bintang dengan kotak dialog.

Langkah 3

Elemen penting lain dalam menggambar singa adalah warna. Jangan sampai menggunakan warna yang salah.

Langkah 4

Buat bintang ini tidak tajam dengan menambahkan efek dari Object > Stylize > Round Corner.

Langkah 5

Sekarang menggambar kepalanya. Mulai dengan sebuah lingkaran. Seleksi titik paling atas lalu geser ke bawah.

Langkah 6

Tambahkan telinga yang berupa lingkaran lebih kecil.

Langkah 7

Masih dengan Tool Ellipse, buat sebuah ellips abu-abu lalu tambahkan lingkaran hitam kecil di dalamnya. Ini jadi mata tentu saja.

Langkah 8

Sekarang tambahkan bagian hidung. Mulai dengan lingkaran, seperti tadi kepalanya. Kali ini tarik titik teratas ke atas.

Langkah 9

Di dalam hidungnya, tambahkan lagi lingkaran lalu tarik titik teratas ke bawah.

Langkah 10

Lanjutkan dengan menambahkan segi empat diikuti dengan bentuk mulut yang terbuat dari ellips yang dimodifikasi kedua titik atas dan bawahnya.

Langkah 11

Cute, ain't he? Lanjut lagi dengan menggambar badannya. Badan ini harus berada di belakang kepalanya. Gambar menggunakan Tool Pen. Jika badan ini berada di depan kepalanya, klik kanan dan pilih Arrange > Send to Back. Bisa juga dengan menggambarnya di layer terpisah yang disimpan di bawah kepala. Cara terakhir menurut saya lebih elegan.

Langkah 12

Badan tadi cuma memiliki dua kaki. Sekarang tambahkan lagi dua kaki yang tersisa. Warnanya harus lebih gelap daripada kaki yang sudah ada.

Langkah 13

Ingat, kita tidak perlu menggambar terlalu rapi. Yang penting adalah bagian yang terlihat. Bagian lain bisa diabaikan. Ini adalah tampilan kaki sebelah kanan yang hanya terlihat sebagiannya saja. Terlihat aneh ya kalau terbuka. Tapi, ini tidak jadi masalah.

Langkah 14

Tambahkan bayangan kaki di bagian bawah badan singa. Warnanya harus di antara warna kulit asli singa dan warna kaki kanan yang tertutupi.

Langkah 15

Hampir beres. Tambahkan lagi ekor. Kita dapat menggambarnya dengan mudah menggunakan Tool Pen.

Langkah 16

Sekarang ujung ekornya. Dimulai dari ellips yang diubah titiknya menjadi sudut menggunakan Tool Convert Point.

Langkah 17

Simpan bentuk tadi di ujung ekor.

Hasil Akhir

Dan ini dia hasilnya. Tidak terasa, ternyata gampang ya. Mudah-mudahan Anda tidak kesulitan mengikuti tutorial ini. Ciao.


Comments

Popular posts from this blog

Menggambar Mobil Style Flat dengan Adobe Illustrator

Teknik Profesional Menghaluskan Kulit di Photoshop

Membuat Pin dengan Photoshop