Efek Foto Berwarna dalam Frame

Saatnya untuk tutorial Photoshop terbaru. Kali ini, tutorial Photoshop yang sederhana, untuk beginner. Anda bisa menjalankan teknik ini di semua versi Photoshop. Kita akan membuat foto jadi hitam putih dan memasukkan sebagian dari foto tersebut ke dalam bingkai lalu menjadikannya berwarna.

Preview

Seperti ini hasil yang akan kita peroleh.

Langkah 1

Untuk tutorial Photoshop ini, ambil foto yang berisi seseorang atau sekelompok orang yang ingin ditonjolkan. Dalam contoh ini, objek foto adalah kedua anak manusia ini. Sumber foto dari unsplash.com.

Langkah 2

Aktifkan Tool Rectangle. Tool ini fungsinya untuk menggambar bentuk persegi dalam format vektor.

Langkah 3

Dengan tool sudah aktif, pilih mode Shape di baris Options.

Langkah 4

Masih di baris Options, atur warna Fill dan Stroke ke hitam dan putih. Atur juga ketebalan garis Stroke.

Langkah 5

Klik dan geser untuk membuat sebuah bentuk persegi di atas foto. Yeah, harusnya ada contoh hasilnya di sini. Tapi, kelupaan. Klik ganda layer untuk memberi style pada layer shape persegi ini. Di kotak dialog Layer Style, aktifkan Drop Shadow. Ini fungsinya memberi bayangan di belakang layer.

Langkah 6

Oke, lihat hasilnya ini. Buruk sekali. Tapi, masih belum beres.

Langkah 7

Di Panel Layers, ubah blend mode layer menjadi Multiply.

Langkah 8

Mode Multiply akan menyembunyikan semua pixel terang, di contoh ini yaitu warna putih, sehingga tersisa hanya bingkainya saja. Mungkin Anda bertanya, "Mengapa tidak kosongkan saja warna Fill?" Pertanyaan bagus sekali. Kalau dikosongkan Fill, bayangan layer dari Drop Shadow akan terlihat menembus bingkai. Coba saja kalau penasaran.

Langkah 9

Sekarang transformasi bentuk bingkai. Tekan Ctrl + T lalu geser pegangan pada bingkai. Klik dan geser di luar bingkai transformasi untuk memutarnya. Karena bingkai ini terbuat dari vektor, Anda bisa mengubah bentuk dan ukurannya dengan bebas. Tidak akan rusak atau pecah. Nah, itulah alasannya saya tadi membuat bingkai dari vektor dengan Tool Rectangle di mode Shape.

Langkah 10

Sampai sini sudah bagus. Bisa berhenti kalau mau. Tapi, kita mau hasilnya lebih bagus lagi. Oke, anak-anak lanjutkan lagi dengan menambahkan adjustment layer Black & White. Anda harus klik ikon Add Adjustment Layer yang ada di bagian bawah Panel Layers.


Langkah 11

Atur preset yang ingin digunakan lalu atur parameter yang tersedia jika memang perlu.

Langkah 12

Bagaimana caranya supaya gambar di dalam bingkai dikecualikan dari pengaruh adjustment layer Black & White? Jawaban yang benar adalah mask. Caranya dengan Ctrl + klik thumbnail layer shape persegi. Kita akan memperoleh seleksi berbentuk persis sama.

Langkah 13

Selanjutnya, isi seleksi dengan hitam. Bagian mask yang berwarna hitam ini akan terbebas dari pengaruh adjustment layer.

Hasil Akhir

Dan inilah yang kita peroleh. Objek dalam foto jadi semakin menonjol dengan berada di dalam bingkai dengan latar hitam putih. Hope you all like the final result. As always, stay safe because The Rona is going to catch us all.

Comments

Popular posts from this blog

Menggambar Mobil Style Flat dengan Adobe Illustrator

Membuat Pin dengan Photoshop

Teknik Profesional Menghaluskan Kulit di Photoshop