Membuat Cover Album CD dengan Photoshop

Jadi, baru-baru ini saya menemukan ternyata album baru Bon Jovi, 2020, ternyata sangat menarik. Lagu andalannya, Do What You Can, yang bertema Covid dengan chord sederhana sering saya setel. Akhirnya, muncul ide untuk membuat tutorial berdasarkan pada cover album tersebut.

Ini idenya sudah lama, tapi berhubung sibuk kerjaan dan juga serunya MotoGP, baru bisa nulis sekarang. Okay, siapkan lagunya dan kita mulai belajar.

Langkah 1: Persiapan

Di bawah adalah tampilan cover album Bon Jovi dan desain cover yang akan kita buat. Rambut putihnya mengingatkan saya on how old I am. Anyway, perhatikan bahwa ukuran album CD ini segi empat. Kita juga menggunakan elemen desain yang sama, model dengan teks dalam gambar hitam putih.

Langkah 2

Mulai dengan membuat file baru di Photoshop dengan ukuran 1.500 px × 1.500 px.

Langkah 3: Gambar Dasar

Untuk gambar utama, ambil gambar gratis dari unsplash.com. Di sini digunakan gambar yang mirip.

Langkah 4

Gambar model di sini terbalik. Beda arahnya dengan Jon Bon Jovi. Agar meyakinkan, kita balik saja. Tekan Ctrl + T untuk menjalankan transformasi. Klik kanan di dalam bingkai seleksi dan pilih Flip Horizontal.

Langkah 5

Hasilnya, gambar terlihat seperti. Terbalik dengan arah seperti di cover asli.

Langkah 6

Ada masalah. Teks merk akordeon itu terbalik. Kalau tidak ada logo itu, tidak ada masalah. Tapi, teks ini terlihat jelas terbalik.

Langkah 7

Kita akan membalik teks ini saja. Seperti bagian tersebut dengan Tool Marquee Persegi. Gandakan ke layer baru dengan menekan Ctrl + J. Lakukan transformasi untuk membalik teks. Caranya seperti kita membalik model foto ini. Jika perlu, putar teks agar sesuai posisinya.


Langkah 8

Masih terlihat ada yang salah. Potongannya masih terlihat.

Langkah 9

Perbaiki dengan menghapus sisi terluar merk menggunakan Tool Eraser.

Langkah 10: Hitam Putih

Masalah merk sudah beres. Seperti cover asli, kita ubah agar foto menjadi hitam putih. Tambahkan adjustment layer Black & White.

Langkah 11

Adjustment layer ini akan mengubah warna semua layer di bawahnya. Layer ini juga sudah memiliki mask. Kalau mau menjadikan sebagian area berwarna kembali, lukis saaja area tersebut dengan hitam.

Langkah 12

Buka Panel Properties. Atur Preset dan pilih hasil yang paling Anda suka. Jika perlu, ubah parameter yang ada.

Langkah 13: Tambah Teks

Saatnya menambahkan teks. Ketika mendesain ini, saya jadi ingat kematian salah satu gitaris terbaik di dunia, Eddie Van Halen. Jadi, saya tambahkan saja VAN di sini. Ketiga teks ini terpisah sehingga lebih mudah diatur posisinya. Perhatikan bahwa saya menggunakan huruf O menggantikan angka nol (0) dalam 2021.

Langkah 14

Sama seperti di gambar asli, kita akan tambahkan bintang di dalam teks. Bentuk bintang diperoleh menggunakan Tool Shape dengan setting Radius 50%. Klik dan geser sambil menahan Shift untuk mempertahankan proporsi ukuran bintang.

Langkah 15

Untuk perbandingan, seperti ini susunan layer yang diperoleh saat ini.

Langkah 16

Kita akan menambahkan titik-titik acak dengan Tool Brush. Photoshop versi baru punya banyak brush custom yang menarik. Brush ini ada di bawah grup Special Effects Brushes di dalam Panel Brushes.

Langkah 17

Buat layer baru lalu klik untuk melukis titik-titik acak di atas teks.

Langkah 18

Agar titik-titik itu berada di dalam teks kita perlu membuat seleksi sesuai ukuran teks. Tahan Ctrl lalu klik thumbnail layer teks dan bintang. Untuk menambah seleksi dari layer lain, tambahkan Shift.

Langkah 19

Setelah terpilih sesuai dengan bentuk teks dan bintang, tambahkan layer mask dengan cara klik ikon Add layer mask di bagian bawah Panel Layers.

Langkah 20

Hasilnya seperti ini.

Hasil Akhir

Hasilnya diperoleh seperti di bawah. Ketika menulis ini, saya baru ingat ternyata ada yang kurang. Di cover asli, ada bayangan bendera di dalam kacamata. Efek ini diperoleh dengan menambahkan gambar bendera di atas kacamata, mengubah blend mode layernya jadi Multiply dan mengurangi Opacity layer. Berhubung lupa, jadi ya terpaksa terlewatkan. Mungkin di tutorial berikutnya. Sementara begitu saja.
Ingat kata Jon, "if you can't do what you do, do what you can."

Comments

Popular posts from this blog

Menggambar Mobil Style Flat dengan Adobe Illustrator

Membuat Pin dengan Photoshop

Teknik Profesional Menghaluskan Kulit di Photoshop