Transformasi Pintar dengan Content Aware Scale

Content Aware Scale adalah versi pintar dari perintah transformasi di Photoshop. Photoshop akan secara otomatis mengenali bagian-bagian yang bisa ditranformasi lalu membiarkan bagian lainnya sehingga objek di dalam gambar tetap proporsional.


Content Aware Scale berguna ketika kita memiliki gambar kecil namun ingin agar ia muat dalam kanvas yang lebih besar. Jika ditransformasi begitu saja, tentu proporsi barunya akan ngawur. Content Aware Scale akan mencegah ini terjadi.

Langkah 1

Siapkan gambar dan kanvas barunya.



Langkah 2

Klik Edit > Content Aware Scale. Ubah ukuran gambar. Photoshop hanya akan mentransformasi area yang dianggapnya bagian dari latar. Agar bisa bekerja dengan baik, gambar yang digunakan harus memiliki cukup latar untuk ditransformasi. Gambar ini bekerja dengan baik, latar laut dan lantai tembok di bawahnya dapat dengan mudah dikenali Photoshop.

Langkah 3

Tekan Enter untuk menerima hasilnya.

Langkah 4

Walaupun gambar memiliki latar yang cukup, kadang Photoshop tidak cukup pintar untuk mengenalinya. Contohnya dengan gambar berikut.

Langkah 5

Jika dijalankan Content Aware Scale, hasilnya malah jadi seperti ini.

Langkah 6

Untuk mencegah itu, kita perlu mendefinisikan area yang harus dijaga dengan mask. Buat seleksi, tidak perlu terlalu rapi, dengan Tool Lasso.

Langkah 7

Simpan seleksi ke dalam channel mask. Klik ikon Save selection di Panel Layers. Channel ini dinamai Alpha 1.

Langkah 8

Jalankan Content Aware Scale. Di baris Options, pilih nama channel yang tadi kita di bagian Protect.

Langkah 9

Photoshop akan mempertahankan area terpilih dan hanya mentransformasi bagian lain.

Hasil Akhir

Begini hasil yang diperoleh. Perhatikan bahwa hasilnya tidak terlalu bagus, ada artefak, pecah-pecah, termasuk juga gerigi di gaun si anak perempuan. Tapi, ini karena memang transformasi yang dilakukan cukup ekstrem. Lebar gambar dibuat jadi dua kali lipatnya. Kita bisa memperoleh hasil lebih baik dengan teknik manual, tapi tentu saja akan butuh waktu lebih lama.



Comments

Popular posts from this blog

Menggambar Mobil Style Flat dengan Adobe Illustrator

Teknik Profesional Menghaluskan Kulit di Photoshop

Membuat Pin dengan Photoshop