Tool Line Versi Baru di Photoshop 2021

Kali ini, saya ingin membahas Tool Line di Photoshop versi terbaru (22.0.0) yang ternyata berbeda dengan versi sebelumnya. Perubahannya terhitung drastis dan membuat sebagian pengguna marah.

Tool Line di Photoshop 2018

Tool Line ini mulai berubah sejak versi 2021 (22.0.0). Di versi sebelumnya, tidak ada perubahan. Saya akan tunjukkan di versi yang saya miliki, 2018. Di versi ini, ada Weight yang menentukan ketebalan garis.

Dengan klik dan geser, kita peroleh garis sederhana seperti ini. Garis ini ada panahnya karena setting End di Arrowheads diaktifkan. Di bawah adalah garis dengan ketebalan (Weight) 1 dan 3 pixel.

Jika diperbesar, setiap pixel berada di tempatnya masing-masing. Tidak ada setengah pixel yang membuat bentuk vektor jadi buram. Garis yang dihasilkan jelas dan tegas.


Garis dengan Weight 3 px.

Garis dengan Weight 1 px.
Dilihat dari dekat, sebetulnya bentuk di atas adalah shape layer dari bentuk persegi (Tool Rectangle) digabung dengan bentuk segitiga (Tool Triangle).

Tool Line di Photoshop 2021

Apa yang berubah di versi 2021? Di versi ini, tidak ada pilihan Weight.

Hasilnya sepintas sama saja.

Tapi, jika dilihat dari dekat.... Buram.


Dalam versi terbaru, garis yang dihasilkan adalah sebuah ... garis.
Sama dengan klik dua kali menggunakan Tool Pen. Konsekuensinya adalah garis tidak memiliki Weight. Ketebalan garis hanya diperoleh dari Stroke path saja. Tanpa stroke, yang diperoleh cuma path saja. Garis tidak akan terlihat.
Agar garis tajam, tidak buram, nilai Stroke harus genap, 2, 4 , 6 px dan seterusnya. Logikanya, dengan genap pixel ketebalan sebelah kiri dan kanan garis akan seimbang. Jika ganjil, misalnya 1 px, akan ada sisa 0,5 px untuk sisi kiri dan kanan garis. Akibatnya, garis akan sedikit buram.
Gambar di bawah memperlihatkan gambar garis dengan Stroke 2, 4, dan 6 px.
Ini perbandingan ketiga garis di atas dalam perbesaran normal.
Tool ini memang tidak begitu populer, namun sebagian penggunanya marah dengan update ini karena perubahannya cukup fundamental. Sepertinya di Photoshop versi 22.3 tool ini dikembalikan ke versi lama lagi. Pihak Adobe sedang memikirkan untuk mengakomodasi dua pilihan, versi baru atau versi lama.
Saya pribadi belum terpikir Tool Line versi baru dipakainya buat apa atau di mana.
Okay, jadi what's the moral of the story? Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari sini? Update tidak mutlak harus dilakukan. Jika Anda nyaman dengan Photoshop versi lama, silakan saja. Tidak harus update.

Comments

Popular posts from this blog

Menggambar Mobil Style Flat dengan Adobe Illustrator

Membuat Pin dengan Photoshop

Teknik Profesional Menghaluskan Kulit di Photoshop