Menggambar Ilustrasi Vektor Orang Berlari

Trend ilustrasi vektor selama beberapa tahun ini menuju semakin sederhana, simple, dengan warna-warna flat. Trend ini melanjutkan trend flat design yang sudah populer sejak beberapa tahun lalu. Desain flat memberikan tampilan yang sederhana dengan konten mudah dimengerti. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari cara membuat  

Hasil Akhir

Inilah hasil akhir gambar vektor orang berlari yang akan kita hasilkan di Adobe Illustrator. 

Tutorial

Langkah 1

Pertama, buka Adobe Illustrator lalu buat file baru, klik File > New.. Ukurang kanvas tidak jadi masalah, pilih mana saja lalu klik Create.


Langkah 2

Pertama, siapkan sketsa ilustrasi yang akan kita buat. Ini saya buat dengan Photoshop. Sederhana saja, yang penting proporsinya terlihat. Geser file sketsa ke atas kanvas dan simpan sebagai referensi. Buat layer baru. Kita akan menyimpan semua gambar di atas layer baru, terpisah dari sketsa referensi.

Langkah 3

Di Panel Color, atur agar warna Fill kosong dengan stroke hitam.

Langkah 4

Aktifkan Tool Pen dari Toolbar. Klik dan geser untuk membuat kepalanya. Tidak perlu terlalu pas dengan sketsa. Lagipula, itu cuma sketsa. Tidak perlu takut salah juga. Kita bisa mengedit kembali titik-titiknya menggunakan Tool Direct Selection.


Langkah 5

Tambahkan juga hidungnya.

Langkah 6

Lalu buat rambutnya. Sesuai dengan prinsipi kesederhaan gambar flat, warna rambut cukup hitam saja. Bentuk rambut dibuat agar memiliki Fill hitam dengan stroke None.


Langkah 7

Seleksi kedua bentuk ini, kepala dan hidung. Dari Panel Color, ubah Fill ke warna kulit dan kosongkan stroke.


Langkah 8

Buat lehernya. Warna fill dan stroke samakan dengan bagian wajah yang lain. Klik kanan dan pilih Arrange > Send to Back untuk menggeser posisinya agar berada di belakang, tidak menutupi rambutnya.



Langkah 9

Gambar badannya. Di sini, badannya dibuat sedikit gemuk agar realistis. Pilih warna baju yang Anda sukai, misalnya di sini biru.


Langkah 10

Gambar tangan baju. Warnanya harus dibuat sedikit lebih muda atau gelap. Ini dilakukan dengan mengurang atau menambah nilai Brightness di mode warna HSB. Untuk mengaktifkan mode warna HSB, klik saja ikon Panel Color lalu pilih HSB.

Langkah 11

Lanjutkan dengan menggambar tangannya. Gunakan warna yang sama dengan wajahnya.



Langkah 12

Buat juga celananya.

Langkah 13

Lalu celana bagi lainnya. Seperti lengan baju tadi, kita perlu memberi sedikit variasi dengan membuatnya entah lebih terang atau lebih gelap. Yang penting, jangan sampai kedua kakinya terlihat menyatu.

Langkah 14

Buat pergelangan kaki dan sepatunya. Untuk pergelangan kaki, pilih warna yang sama dengan wajah dan tangan.


Hasil Akhir

Dan ini dia hasil yang kita peroleh. Anda bisa menghapus sketsa yang tidak lagi kita butuhkan. Dari tutorial ini, Anda bisa melihat bahwa tidak ada teknik yang rumit. Semuanya sederhana dan hasilnya pun sederhana. Semoga Anda menyukainya. Stay home and stay safe.


Popular Posts