Mengubah Gambar ke Bentuk Lingkaran Berwarna

Tutorial ini akan menunjukkan cara mengubah foto apa pun menjadi kumpulan titik-titik berwarna solid. Efek ini bisa digunakan dengan semua gambar, namun akan lebih baik jika foto yang digunakan memiliki warna yang beragam.

Preview

Yang Anda Butuhkan

Untuk mengikuti tutorial ini, Anda membutuhkan:

Detail Tutorial

  • Tingkat Kesulitan: Pemula
  • Lama Pengerjaan: 30 menit
  • Software Yang Digunakan: Photoshop, semua versi

Tutorial

Langkah 1

Ambil gambar gratis dari unsplash atau gunakan gambar Anda sendiri. Buka di Photoshop.

Langkah 2

Tekan Ctrl + J untuk menduplikasi gambar asli. Di Panel Layers, aktifkan kembali Background lalu klik ikon Add Adjustment Layer yang berbentuk lingkaran hitam putih lalu pilih Solid Color.


Langkah 3

Anda akan menambahkan layer baru berisi warna solid di bawah gambar. Pilih warnanya dari kotak dialog yang muncul. Klik tombol OK.

Langkah 4

Aktifkan gambar yang tadi diduplikasi. Klik Filter > Blur > Gaussian Blur untuk menghaluskan gambar dan mempermudah pembuatan blok warna.

Langkah 5

Kita perlu terlebih dahulu membuat pola lingkaran. Buat file baru dengan cara klik File > New atau gunakan shortcut Ctrl + N. Ukurannya sangat kecil, 20 pixel x 20 pixel.

Langkah 6

Buat layer baru.

Langkah 7

Buat seleksi berupa lingkaran menggunakan Tool Marquee Ellipse. Untuk mempermudah, perbesar dulu tampilan kanvas dengan klik beberapa kali menggunakan Tool Zoom.


Langkah 8

Isi seleksi dengan warna. Warna apapun tidak jadi masalah. Caranya dengan tekan Ctrl + Delete atau Alt + Delete, sama saja. Pastikan untuk menghilangkan seleksi dengan Ctrl + D atau klik Select > Deselect.


Langkah 9

Kita perlu menyimpan gambar titik ini sebagai pola. Layer yang terpilih harus layer yang baru dan terisi lingkaran, bukan Background. Tekan Ctrl + A. Klik Edit > Define Pattern. Di kotak dialog berikutnya, isikan nama polanya. Sekarang titik bulat ini tersimpan sebagai sebuah pola.


Langkah 10

Kembali ke gambar awal. Buat layer baru dan simpan di antara gambar yang telah diberi Gaussian Blur dan layer warna solid.

Langkah 11

Klik Edit > Fill. Pilih isi fill dengan Pattern untuk mengisi dengan pola. Di daftar, pilih pola yang tadi telah kita buat.

Langkah 12

Saat ini, layer sudah terisi dengan pola lingkaran kecil. Tidak terlihat karena tertutup oleh gambar di atasnya. Jika mau melihatnya, klik ikon mata di depan layer gambar. Aktifkan layer gambar lalu klik Filter > Pixelate > Mosaic. Filter ini akan mengubah gambar menjadi kotak-kotak dengan warna solid. Ukurannya ditentukan dari pilihan Cell Size. Ukuran ini harus disesuaikan dengan ukuran pola yang kita buat tadi. Ukuran pola tadi 20 pixel x 20 pixel, maka kita atur juga Cell Size ke 20.

Langkah 13

Sekarang, inilah kuncinya, mengubah layer gambar menjadi Clipping Mask. Tahan Alt lalu klik di antara layer gambar dan layer pola. Bisa juga dengan menekan Ctrl + Alt + G.

Langkah 14

Gambar akan masuk ke dalam layer di bawahnya, yaitu pola lingkaran tadi.



Langkah 15

Ini adalah hasil ketika tampilan gambar diperbesar. Di sini, ada warna merah di belakang gambar. Ini berasal dari layer warna solid yang kita buat di awal.

Langkah 16

Untuk mengubah warna ini, kita tinggal klik ganda layer warna solid untuk memilih warna baru.

Langkah 17

Coba misal ubah ke warna biru.

Langkah 18

Ini contoh hasil yang diperoleh jika latarnya biru.


Langkah 19

Banyak yang bisa Anda lakukan sebetulnya. Misal, dengan mengubah bentuk pola menjadi gambar hati, tidak lingkaran.

Langkah 20

Seperti ini hasilnya.

Langkah 21

Ini hasil yang diperoleh ketika pola berupa lingkaran dan tanda plus.


Hasil Akhir

Banyak yang bisa Anda lakukan selama mau mencoba-coba. Selamat bereksperimen.

Popular Posts