Belajar Pentingnya Kontras Teks Melalui Insiden Memalukan Oscars 2017

Di penghujung acara Oscars 2017, secara tidak sengaja amplop berisi kartu nama pemenang Best Film tertukar dengan amplop sebelumnya untuk Best Actress. Dari sisi pandang desain, sebetulnya ini bisa dihindari dengan penambahan kontras pada teks. Kejadian ini menunjukkan pentingnya desain yang baik dalam menyampaikan informasi.

https://www.youtube.com/watch?v=um280ho3DDU

Berikut adalah tampilan kartu untuk pemenang Best Actress. Di sini, nama aktris dan nama film tidak berbeda, tidak ada kontras. Padahal, kontras berperan untuk memberikan penekanan akan mana yang penting dan mana yang tidak penting.



[caption id="attachment_8770" align="alignnone" width="640"]Kartu pemenang Oscar asli, tanpa kontras. Kartu pemenang Oscars asli, tanpa kontras.[/caption]

Dalam kartu Best Actress, yang terpenting adalah nama aktris, bukan filmnya, sehingga selayaknya nama tampil lebih besar atau tebal.

[caption id="attachment_8768" align="alignnone" width="640"]Kartu pemenang Oscar dengan kontras Kartu pemenang Oscars dengan kontras[/caption]

Yang terjadi di malam itu, host memperoleh kartu pemenang Best Actress untuk kategori Best Film. Karena host menemukan judul film di sana, dalam skala prioritas yang sama dengan nama aktris, host pun membacakan judul filmnya. Mungkin kejadian akan berbeda seandainya tegas terlihat bahwa kartu ini ingin menunjukkan nama, bukan judul film.

oscar-tipografi-2

Ada pelajaran yang bisa kita peroleh. Kontras teks memang penting. Ketika mendesain teks, jangan hanya memikirkan tipe font yang digunakan. Tapi juga pikirkan info apa yang ingin Anda sampaikan.

[caption id="attachment_media-1" align="alignnone" width="939"]oscar-typo.jpg Versi lebih baik, dengan kontras.[/caption]

Sumber: