Menambahkan Highlight Pada Teks di Adobe InDesign

Tutorial ini terinspirasi dari quicktips di Tutsplus yang membahas cara menambahkan highlight pada teks di Adobe InDesign. Di sini, digunakan dua teknik, yaitu menggunakan Paragraph Rules dan Underline. Kedua teknik ini memiliki kelebihan masing-masing.

Video Tutorial


https://www.youtube.com/watch?v=H-K80sHRDmM

Preview


Inilah tampilan teks dengan highlight yang akan kita peroleh. Dalam tutorial ini teks dibuat di Adobe InDesign CC 2015. Tapi, Anda bisa menggunakan versi lebih lama.


[caption id="attachment_7456" align="alignnone" width="600"]menambahkan-highlight-teks-indesign-01 Highlight Teks di InDesign[/caption]



Tutorial


Langkah 1: Underline


Kita gunakan teknik pertama, underline. Mulai dengan membuat satu paragraf judul. Seleksi paragrafnya lalu simpan sebagai paragraph styles dengan klik ikon New Styles di Panel Paragraph Styles.
menambahkan-highlight-teks-indesign-02

Langkah 2


Klik ganda style untuk mengeditnya. Aktifkan Underline.
menambahkan-highlight-teks-indesign-03

Langkah 1


Ubah warna teks jadi warna kertas, Paper.
menambahkan-highlight-teks-indesign-04

Langkah 1


Atur ketebalan garis di Weight. Atur posisinya dengan Offset. Untuk warnanya, pilih Black.
menambahkan-highlight-teks-indesign-05

Hasil 1


Inilah tampilan highlight teks dengan Underline.
menambahkan-highlight-teks-indesign-06

Langkah 1: Paragraph Rules


Untuk teknik kedua, Paragraph Rules, kita harus mengubah semua baris menjadi paragraf terpisah. Caranya dengan menambahkan karakter Enter atau Return. Sama seperti tadi, simpan paragraf sebagai paragraph styles.
menambahkan-highlight-teks-indesign-07

Langkah 2


Ubah setting style paragraf. Aktifkan Paragraph Rules. Atur ketebalan garis di Weight. Warnanya pilih Black. Lebar garis bisa dibuat sesuai selebar teks dengan memilih Width: Text. Indent untuk mengatur lebar garis secara manual. Offset mengatur posisi garis.
menambahkan-highlight-teks-indesign-08

Langkah 3


Ubah warna teks ke Paper.
menambahkan-highlight-teks-indesign-09

Hasil Akhir


Inilah tampilan kedua teknik highlight. Dengan underline, kita bisa langsung menambahkan garis. Di teknik Paragraph Rules, kita harus terlebih dahulu memecah teks menjadi beberapa paragraf, tapi kita bisa mengatur lebar garis secara bebas.
menambahkan-highlight-teks-indesign-10

Penutup


Seperti  Anda lihat, di versi ini pemberian highlight pada teks semakin mudah dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat.