Memahami Resolusi Gambar dan Resolusi Cetak

Istilah resolusi gambar sudah banyak digunakan orang, namun hampir semuanya digunakan dalam pemahaman yang salah. Tidak semua orang memahami apa itu resolusi gambar. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat apa itu resolusi gambar dan fungsinya terhadap gambar.

Mengenal Resolusi Gambar


Secara umum, resolusi adalah tingkat kualitas sebuah gambar. Resolusi bisa diukur dalam berbagai cara, Anda bisa membacanya di Wikipedia. Khusus di artikel ini, kita akan membahas perhitungan resolusi melalui jumlah pixel dalam gambar, yang disebut sebagai resolusi pixel.

Resolusi adalah jumlah pixel dalam satu persegi satuan tertentu. Misalnya, gambar dengan resolusi 300 pixel per inci (ppi) berarti untuk setiap kotak dengan luas 1 inci persegi memiliki 300 pixel. Semakin kecil resolusi artinya setiap kotak satu persegi memiliki lebih sedikit pixel. Semakin besar resolusi, maka semakin banyak pixel yang terkandung dalam setiap kotak satu persegi.

Gambar di bawah menunjukkan jumlah pixel dalam satu kotak persegi. Gambar pertama dengan resolusi 1 pixel per kotak persegi memiliki total 1 pixel di dalamnya. Gambar ketiga memiliki resolusi 25 pixel per kotak persegi. Semakin banyak pixel maka semakin jelas tampilan gambar.

[caption id="attachment_9167" align="alignnone" width="452"]resolusi-pixel.jpg Resolusi pixel. Wikipedia.[/caption]

Resolusi dalam Hasil Cetak dan Layar


Resolusi pixel, yaitu jumlah pixel dalam satu kotak persegi, akan berpengaruh pada hasil cetak. Tapi, dalam layar komputer, resolusi pixel tidak mempunyai pengaruh sama sekali. Lihat dua gambar berikut. Gambar pertama memiliki resolusi 150 ppi dan satu lagi 300 ppi. Keduanya di monitor Anda akan terlihat sama, tidak ada bedanya.


[caption id="attachment_9168" align="alignnone" width="600"]resolusi-150.jpg Resolusi 150 ppi[/caption]




[caption id="attachment_9169" align="alignnone" width="600"]resolusi-300.jpg Resolusi 300 ppi[/caption]


Adapun ketika dicetak, maka ukurannya akan mengikuti jumlah pixel di dalamnya.

[caption id="attachment_9170" align="alignnone" width="419"]resolusi-cetak.jpg hasil cetak dua gambar dengan resolusi berbeda.[/caption]

Kedua gambar di atas memiliki jumlah pixel yang sama. Layar komputer Anda menampilkan pixel, sehingga resolusi tidak berpengaruh. Anda bisa mendesain gambar untuk web dengan resolusi 72 ppi, 300 ppi, atau bahkan 1 ppi. Tidak jadi masalah. Karena layar komputer hanya memperhitungkan jumlah pixelnya. Ketika dicetak, printer akan menampilkan ukuran pixel sesuai nilai resolusi. Jika resolusi gambar kecil, maka pixel akan ditampilkan di kertas dalam ukuran lebih besar. Resolusi terlalu kecil akan membuat hasil cetaknya pecah. Jika resolusi gambar lebih besar, pixel akan dicetak lebih kecil sehingga hasilnya terlihat jelas.

Penutup


Anda baru saja memahami apa itu resolusi gambar dan hubungannya dengan pixel. Di artikel selanjutnya, akan kita bahas bagaimana cara mengubah resolusi, mengubah ukuran gambar, dan berbagai hal lain yang berhubungan.