Menulis Tamu di DesainDigital

DesainDigital bukan lagi situs personal. Melalui situs ini, ada banyak pembaca --baik desainer atau non-desainer-- yang menggali inspirasi, belajar teknik-teknik baru, atau mencari informasi terkait blogging dan desain. Untuk memperkaya isi situs, salah satu caranya adalah melalui penulis tamu. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menerima tulisan tamu, saya sudah membahasnya dalam artikel "Persiapan Dalam Menghadapi Penulis Tamu" dan "Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu".

[hr]

Kerugian Menulis di Blog Ini



Pertanyaan mendasar bagi semua calon penulis tamu adalah: "Apa yang saya peroleh dari menulis tamu di DesainDigital?" Jawabannya: "Tidak ada!"

1. Tidak ada bayaran



Situs ini sama sekali tidak menguntungkan, itu sebabnya penulis tamu tidak akan dibayar. Jika Anda menulis di situs besar, tulisan Anda dihargai minimal $30.

2. Tidak ada link berkualitas



Semua penulis tamu di DesainDigital bisa menuliskan satu paragraf deskripsi dirinya di bawah artikel berikut link ke situs dan jaringan sosial yang digunakannya. Perlu diketahui sebelumnya, DesainDigital bukan situs berkualitas tinggi, sehingga tidak bisa memberikan link berkualitas bagi blog Anda. Page Rank Anda tidak akan otomatis naik hanya karena memiliki link dari DesainDigital.

3. Tidak akan memberikan ekstra traffik



Banyak yang beranggapan bahwa menulis tamu akan meningkatkan pengunjung ke situsnya. Salah! Saya jamin tidak akan ada kenaikan signifikan pengunjung. DesainDigital hanya memiliki rata-rata 500 pengunjung harian dengan 1.000 page view.

4. Berat



Anda bisa melihat bahwa artikel dan tutorial di situs ini biasanya panjang dan detail. Semua penulis tamu diharapkan untuk menulis artikel dengan kualitas yang sama atau mungkin lebih baik lagi. Artikel hasil copy paste atau terjemahan dari artikel lain tidak akan diterima. Tutorial yang terlalu sederhana, misalnya "Cara Membuat Lingkaran di Photoshop", berada di bawah standar DesainDigital dan tidak akan diterima.

[hr]

Keuntungan Menulis di Blog Ini



Secara umum, menulis di DesainDigital tidak akan menguntungkan. Namun ada beberapa keuntungan minor yang bisa diperoleh penulis tamu.

1. Bantuan Editing



Saya akan mengedit semua tulisan, biasanya dengan menghapus kata-kata yang tidak perlu atau memendekkan kalimat-kalimat panjang. Lewat proses editing ini, Anda akan belajar cara menulis artikel yang baik. Stephen King mengatakan proses editing yang dilakukan editor pertamanya merangkum tiga tahun pelajaran bahasa yang dia geluti.

2. Belajar Melalui Berbagi dengan Komunitas



Berbagi ilmu dengan orang lain adalah cara termudah dan tercepat untuk memperoleh ilmu baru. Yeah, bullshit! Ini memang terdengar seperti slogan yang tidak masuk akal. Anda harus mengalami sendiri sebelum bisa memahaminya.

Ketika berbagi, Anda memiliki kemungkinan besar menerima banyak respon dari orang lain. Bisa berupa kritik, pujian, atau saran. Melalui ketiga hal ini, Anda bisa mengukur sejauh mana skill yang Anda miliki.

3. Meningkatkan Reputasi



Saya tidak berbicara tentang reputasi sebagai penulis tamu di DesainDigital, situs kecil yang sama sekali tidak populer. Saya membicarakan reputasi Anda yang mau berbagi dengan komunitas. Mana yang lebih Anda sukai, desainer hebat yang menyimpan teknik untuk dirinya sendiri atau desainer biasa yang mengajarkan tekniknya pada orang lain? Itulah yang saya maksud dengan reputasi.

[hr]

Tertarik Menulis Tamu di DesainDigital?



Saya berharap Anda tertarik untuk menulis tamu di situs ini. Saya telah menyediakan panduan standar penulisan. Anda tinggal memodifikasinya. Jika ada pertanyaan, Anda bisa langsung menghubungi saya via email atau twitter.

[ilink style="download" url="http://dl.dropbox.com/u/7116487/desaindigital/template-artikel-desaindigital.zip"]Download File Standar Penulisan Artikel[/ilink]