Tips Menghadapi Acara Offline

Beberapa hari lalu saya mengikuti WordCamp ID 2011 di Bandung. Saya belajar banyak dari para pembicara. Selain itu saya juga bertemu dengan para desainer dan blogger yang biasanya hanya saya kenal secara online. Di sini, saya akan berbagi tips cara memaksimalkan acara offline agar perjalanan Anda tidak sia-sia.

[hr]

Apa yang bisa Anda peroleh dari pertemuan offline



1. Pengetahuan Baru


Materi-materi yang disajikan para pembicara tentu saja akan memberi Anda informasi baru. Pastikan saja bahwa materi yang dibahas sesuai dengan minat dan bidang yang Anda tekuni. Lihat juga daftar pemateri yang akan datang, presentasi langsung dari ahlinya tentu akan lebih menarik dan memuaskan.

2. Membangun Jaringan (Networking)


Membangun jaringan biasanya tidak menjadi agenda utama sebuah acara. Di akhir atau di sela-sela acara, Anda bisa menggunakan waktu yang tersedia untuk berbincang-bincang dan mencari kenalan yang bisa menjadi partner potensial Anda. Dalam kasus tertentu, bisa jadi networking lebih penting bagi Anda daripada seminar-seminar di agenda acara.

Kehidupan online memang menyenangkan, Anda bisa ngobrol dengan desainer terkemuka via twitter atau saling berkomentar di facebook. Tapi itu semua tidak nyata (atau setidaknya begitu menurut saya). Berbeda dengan interaksi online, bertemu secara langsung --face to face-- akan melibatkan gestur, gaya bicara, sikap, dan banyak hal lain yang jika dilakukan dengan baik bisa lebih mengesankan.

3. Menyegarkan Pikiran


Walaupun menyenangkan, terlalu banyak di depan komputer tidaklah terlalu sehat. Ada saatnya untuk berhenti sejenak dan menikmati kehidupan nyata. Ada banyak cara untuk menyegarkan kembali pikiran Anda, salah satunya dengan acara offline.

[hr]

Tips Menghadapi Pertemuan Offline



1. Tentukan Tujuan Anda


Mulai dengan menentukan tujuan Anda. Pastikan bahwa acara yang akan diikuti sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk mengikuti pertemuan yang tidak perlu. Lihat daftar pembicara jika Anda memang berniat mencari informasi. Cari informasi pengunjung yang akan datang jika Anda ingin fokus pada membangun jaringan.

2. Periksa Jadwal Anda


Anda tidak mungkin mengatur jadwal acara, Satu-satunya yang mungkin hanyalah mengatur jadwal Anda sendiri. Jika ada deadline yang harus dipenuhi sebaiknya bereskan itu segera. Jangan sampai Anda disibukkan dengan pekerjaan ketika berada di tengah pertemuan.

Perhitungkan juga jika acara ini bisa mengganggu jadwal Anda berikutnya? Ini bisa terjadi jika acara ini membutuhkan banyak energi misalnya karena jarak yang jauh atau durasinya lama.

3. Umumkan Kedatangan Anda


Umumkanlah kedatangan Anda untuk mempermudah rekan online yang ingin bertemu. Sebelum berangkat ke WordCamp, saya mengumumkan kepergian saya melalui sebuah posting khusus, bahkan menawarkan buku gratis bagi yang mengenali saya. Langkah iseng ini ternyata membantu saya. Pengumuman ini membuat saya didekati beberapa orang tanpa perlu saya mengawali. Berita bagus bagi saya yang sulit bergaul. Tentu saja Anda tidak harus mengumumkan lewat posting blog, pengumuman via twitter sudah cukup.

4. Siapkan Alat Pendukung


Jangan lupa untuk menyiapkan alat yang bisa membantu Anda di pertemuan. Jika tidak memberatkan, Anda bisa membawa notebook atau netbook. Jangan lupakan ballpoint dan buku catatan, ini lebih mudah daripada mencatat di komputer.

5. Siapkan Kartu Nama


Untuk membantu proses networking, siapkan kartu nama. Kartu nama saya temukan membantu dalam percakapan dengan orang yang baru Anda kenal. Nama mudah sekali mereka lupakan, biasanya mereka akan mengintip kartu nama ketika akan menyebut nama kita. Kartu nama akan membantunya menghindari kejadian memalukan seperti salah menyebut nama.

6. Munculkan Wajah Anda dalam Avatar


Dalam pergaulan online, kita hanya dikenal dalam bentuk avatar. Agar Anda mudah dikenali, sebaiknya ubah dulu avatar dengan wajah asli beberapa hari sebelum acara. Ini bisa membantu rekan online mengenali Anda.

7. Menyiapkan Souvenir


Jika Anda punya waktu, kenapa tidak menyiapkan souvenir bagi rekan-rekan online? Tidak perlu mahal-mahal, misalnya stiker berupa logo situs Anda. Souvenir bisa membuat pertemuan dengan Anda lebih mengesankan karena kemungkinan besar tidak ada yang melakukannya. Tentu saja jangan berlebihan dengan souvenir ini, Anda hanya peserta bukan sponsor. :)

[hr]

Memiliki tips bagus?



Tips-tips di atas saya temukan sangat membantu dalam merencanakan pertemuan offline. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips lain yang menarik? Jika ada bagikan dalam kolom komentar.