Menggambar Cabai dengan Photoshop

Photoshop adalah program yang menarik. Jika Anda bisa menggunakannya, program ini bisa menggambar apa pun, termasuk benda organik seperti cabai. Dalam tutorial ini, saya akan memperlihatkan cara menggambar cabai realistis dengan Photoshop. Saya akan memberikan beberapa tips menarik dalam proses pembuatannya.

Preview


Di bawah adalah hasil akhir cabai yang akan kita buat. Bagaimana menurut Anda apakah cukup terlihat realistis?
tutorial-menggambar-cabai-36.jpg



Resource yang digunakan


Untuk mengikuti tutorial ini, silakan download resource berikut:

Tutorial


Langkah 1: Riset


Apa pun yang akan Anda buat, riset tetap harus dilakukan, bahkan untuk bentuk sederhana seperti cabai. Cara paling murah adalah mencarinya di Google.
tutorial-menggambar-cabai-01.jpg

Langkah 2: Membuat Bentuk Dasar Cabai


Buka panel Paths, buat path baru lalu mulai menggambar bentuk dasar objek. Untuk objek sederhana seperti ini, saya biasanya bekerja langsung di Photoshop. Untuk objek lebih rumit, Anda bisa membuat path di Illustrator yang memiliki fungsi vektor lebih lengkap.
tutorial-menggambar-cabai-02.jpg

Langkah 3


Pisahkan setiap path. Seleksi path badan cabai lalu klik ikon Add Adjustment Layer dan pilih Solid Color. Pilih warna merah tua.
tutorial-menggambar-cabai-03.jpg

tutorial-menggambar-cabai-04.jpg

tutorial-menggambar-cabai-05.jpg

Langkah 4: Pemberian Layer Style


Beri layer style berikut. Gradient Overlay untuk menghilangkan kesan warna datar. Inner Glow untuk memberi efek 3D. Inner Shadow untuk memberi pencahayaan pada objek. Perhatikan bahwa saya tidak menggunakan setting default. Berdasarkan pengalaman saya, setting default bawaan Photoshop biasanya tidak banyak berguna.
tutorial-menggambar-cabai-06.jpg

tutorial-menggambar-cabai-07.jpg

tutorial-menggambar-cabai-08.jpg

tutorial-menggambar-cabai-09.jpg

Langkah 5: Melukis Manual


Layer Style hanyalah langkah awal untuk memperoleh hasil yang realistis dan biasanya tidak pernah cukup. Kita masih tetap harus memperbaikinya seara manual. Buat group layer baru. Ctrl-klik path badan cabai lalu tambahkan layer mask pada group. Di dalam group ini kita akan melukis highlight dan shadow pada badan cabai. Saya tidak bisa menggambar tapi tidak jadi masalah. Tipsnya adalah dengan melukis secara sangat hati-hati dengan Opacity rendah (5-10%). Proses ini memang lama, bisa 10-15 menit, namun hasilnya jauh lebih halus daripada langsung menggunakan berush berukuran besar.
Proses pertama adalah melukis hitam untuk bayangan di bagian bawah cabai. Lukis dengan hati-hati. Jangan terburu-buru, just take your time. Jika dirasa hasilnya terlalu kasar, Anda bisa menghaluskannya dengan filter Gaussian Blur atau menurunkan Opacity layer.
tutorial-menggambar-cabai-10.jpg

Langkah 6


Jika ada shadow maka harus ada highlight di sisi lain. Buat lagi layer baru lalu lukis putih di bagian atas cabai.
Ingat untuk membuat semua goresan brush di layer terpisah. Mereka yang sudah ahli menggambar biasanya menggambar dalam satu layer. Tapi ini berlaku bagi yang sudah ahli, sekelas Randis Albion. Bagi amatir, penggunaan banyak layer sangat membantu karena setiap goresan dapat dikontrol dengan mudah.
tutorial-menggambar-cabai-11.jpg

Langkah 7


Sekarang kita buat highlight yang lebih kuat. Lukis lagi putih dengan brush ber-Opacity lebih besar. Begitu selesai turunkan Opacity layer.
tutorial-menggambar-cabai-12.jpg

tutorial-menggambar-cabai-13.jpg

Langkah 8


Lakukan terus proses menggambar highlight. Tetap sabar dalam proses ini, jangan terburu-buru. Kita ingin memastikan agar pencahayaannya tetap terlihat alami.
tutorial-menggambar-cabai-14.jpg

tutorial-menggambar-cabai-15.jpg

tutorial-menggambar-cabai-16.jpg

tutorial-menggambar-cabai-17.jpg

tutorial-menggambar-cabai-18.jpg

Langkah 9


Terakhir, saya perkuat bayangan di bagian bawah cabai.
tutorial-menggambar-cabai-19.jpg

Langkah 10: Bagian Atas Cabai


Gambar bagian atas cabai.
tutorial-menggambar-cabai-20.jpg

Langkah 11


Seperti di atas, lukis shadow dan highlight.
tutorial-menggambar-cabai-21.jpg

Langkah 12: Tangkai


Buat tangkai cabai dan lukis shadow dan highlight.
tutorial-menggambar-cabai-22.jpg

tutorial-menggambar-cabai-23.jpg

Langkah 13


Detail adalah bagian yang membedakan hasil pekerjaan biasa dan luar biasa. Banyak orang yang melewatkan detail-detail dan membuat karyanya terasa datar. Dalam kasus ini, kita perlu menambahkan sedikit bayangan di bawah tangkai cabai. Sangat sedikit, mungkin 2 atau 3 pixel.
tutorial-menggambar-cabai-24.jpg

Langkah 14: Bayangan


Buat seleksi ellipse di bawah cabai dan isi dengan hitam. Hilangkan seleksi lalu haluskan bayangan dengan memberinya Gaussian Blur.
tutorial-menggambar-cabai-25.jpg

tutorial-menggambar-cabai-26.jpg

Langkah 15


Ambil tool eraser dengan Opacity rendah 10-20% dan hapus kedua bayangan di ujung.
tutorial-menggambar-cabai-27.jpg

Langkah 16


Buat lagi seleksi elipse kali ini lebih besar dan isi dengan hitam. Haluskan dengan filter Gaussian Blur dan hapus kedua ujungnya.
tutorial-menggambar-cabai-28.jpg

tutorial-menggambar-cabai-29.jpg

Langkah 17


Sembunyikan terlebih dahulu cabai yang telah kita buat. Buat sebuah rounded rectangle berwarna abu-abu dan beri Drop Shadow.
tutorial-menggambar-cabai-30.jpg

tutorial-menggambar-cabai-31.jpg

Langkah 18


Buat lagi sebuah kotak di dalam rounded rectangle dan beri sedikit Stroke.
tutorial-menggambar-cabai-32.jpg

tutorial-menggambar-cabai-33.jpg

Langkah 19


Tampilkan kembali cabai.
tutorial-menggambar-cabai-34.jpg

Langkah 20


Ambil file PSD pita. Geser group red ke dalam file cabai. Kita bisa membuang layer box sample karena itu hanya untuk contoh saja. Atur posisinya hingga pita tepat berada di pojok.
tutorial-menggambar-cabai-35.jpg

Hasil Akhir


Inilah hasil akhir yang kita peroleh. Proses menggambar cabai ini sederhana, namun saya harap dari tutorial ini Anda bisa memahami alur dalam proses penggambaran objek realistik di Photoshop.
tutorial-menggambar-cabai-36