Membuat Illustrasi dari Foto dengan Illustrator

Dalam tutorial ini, kita akan belajar cara membuat illustrasi vektor berdasarkan foto. Teknik ini biasa kita kenal sebagai tracing. Proses ini bisa dipercepat dengan penggunakan fitur Live Trace di Illustrator, namun jelas hasilnya tidak akan sebaik cara manual. Prosesnya tidak rumit namun butuh kesabaran ekstra.

Preview


Berikut adalah hasil akhir ilustrasi yang akan kita peroleh.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-21

Detail Tutorial



  • Tingkat Kesulitan: Pemula, Menengah.

  • Lama Pengerjaan: 3 jam.


Resource Yang Dibutuhkan


Untuk mengikuti tutorial ini, silakan ambil terlebih dahulu resource berikut:


Tutorial


Langkah 1: Mengenal Tool


Pembuatan illustrasi dari foto sebetulnya tidak sulit. Proses ini tidak menggunakan teknik-teknik rumit. Yang paling penting adalah kesabaran dan ketekunan. Dalam proses ini, saya hanya menggunakan dua tool yaitu tool Pen untuk membuat path dan tool Color Picker untuk mengambil warna dari foto. Untuk membuat bentuk-bentuk yang lebih rumit, kadang saya menggabungkan beberapa path dengan panel Pathfinder.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-01.jpg

Langkah 2: Organisasi Layer


Ilustrasi ini akan terdiri dari ratusan path. Untuk mempermudah, kita harus sejak awal memikirkan pengorganisasian layer. Langkah sederhana ini akan mempermudah proses menggambar. Dalam proses ini, saya menggunakan lima layer, untuk baju, warna kulit wajah, bentuk dasar wajah, kepala dan foto asli. Untuk mempermudah, Anda bisa melihat susunan layer dalam file AI yang saya sertakan di akhir tutorial ini.

Dalam prakteknya, kita akan mengaktifkan satu layer terkait dan mengunci yang lainnya dengan cara klik ikon kunci di depan layer. Ini akan memastikan agar gambar yang sudah kita buat tidak terganggu.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-02.jpg

Langkah 3: Menyiapkan Kanvas


Buat file baru di Illustrator dengan ukuran A4. Ambil gambar Sunbath lalu simpan ke atas gambar. Atur ukurannya hingga tepat sesuai pada kanvas.

Saya memilih gambar ini karena dua alasan, berkualitas baik dan berukuran besar. Kedua faktor ini akan mempermudah proses tracing di Illustrator.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-03.jpg

Langkah 4: Bentuk Dasar Wajah


Kita mulai dengan membuat bentuk dasar wajah. Bagian ini paling penting karena akan menjadi fokus dalam gambar. Ambil tool Pen lalu buat path mengikuti bentuk wajah hingga ke telinga.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-04.jpg

Langkah 5


Masih dengan tool Pen, gambar mata dan bagian-bagiannya. Dalam proses ini, saya ingin menghasilkan efek ilustrasi sehingga tidak ada terlalu banyak detail yang diambil. Langkahnya akan berbeda jika yang diinginkan adalah gambar tipe realist.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-05.jpg

tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-06.jpg

Langkah 6


Proses menggambar hidung berbeda dengan mata. Dengan mata kita memiliki garis batas khusus, dengan hidung kita cukup menggambar bayangan dan lubang hidung lalu membiarkan hidung terbentuk secara alami.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-07.jpg

Langkah 7


Proses menggambar mulut mirip dengan hidung. Kita cukup menggambar bagian yang penting saja.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-08.jpg

Langkah 8


Terakhir adalah menggambar rambutnya. Saya tambahkan beberapa detail rambut yang mencuat keluar agar tidak terkesan datar.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-09.jpg

Langkah 9: Pewarnaan


Untuk melakukan proses pewarnaan, kita harus memahami terlebih dahulu arah cahaya dan efek highlight-shadow yang dihasilkannya. Perhatikan bahwa di sini cahaya berasal dari atas, ini mengakibatkan bayangan berada di sisi kiri dan sebaliknya untuk highlight.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-10.jpg

Langkah 10


Gambar kembali wajah dengan tool Pen. Ambil tool Color Picker lalu klik wajah untuk mengambil warnanya.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-11.jpg

Langkah 11


Sembunyikan kulit dasar wajah untuk melihat kembali gambar referensi. Buat bayangan pada wajah, dengan tool Color Picker ambil warna dari bagian wajah yang lebih gelap.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-12.jpg

Langkah 12


Terus ulangi langkah ini hingga kita memperoleh lebih banyak area gelap dan terang. Lakukan proses ini secukupnya hingga gambar tidak lagi terlihat datar.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-13.jpg

tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-14.jpg

Langkah 13: Baju


Proses pembuatan sama saja dengan pembuatan wajah. Mulai dengan menggambar bentuk dasar baju. Jangan ragu untuk menggambar hingga keluar area kanvas. Kita bisa mengedit gambar hasil akhir ekspor dengan mudah menggunakan tool Crop di Photoshop.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-15.jpg

Langkah 14


Tambahkan area gelap dan terang. Anda bisa melihat tahapan yang saya peroleh di bawah.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-16.jpg

tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-17.jpg

tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-18.jpg

tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-19.jpg

Langkah 15


Langkah terakhir adalah membuat latar. Perhatikan bahwa saya tidak membuat latar yang terlalu rumit. Latar ini sangat sederhana, hanya terdiri dari beberapa kotak dengan sedikit kontras. Ini membantu fokus tetap pada objek utama, si perempuan. Selesai dengan pembuatan latar gambar, kita bisa menghapus foto referensi.
tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-20.jpg

Hasil Akhir


Seperti inilah hasil akhir yang saya peroleh. Hingga saat ini saya masih belajar Illustrator, untuk menghasilkan gambar ini saya butuh waktu hingga 4 jam. Jika sudah terbiasa dengan vektor, saya rasa ilustrasi semacam ini bisa diselesaikan dalam kurang dari 2 jam.

tutorial-membuat-ilustrasi-dari-foto-21.jpg

Download Link


Download File AI (1,1 MB)