Review Theme Wordpress Premium dari Woothemes

Di sini, saya akan berbagi pengalaman tentang fitur yang bisa Anda peroleh dari theme premium. Apa yang tulis di sini berdasarkan pada pengalaman saya menggunakan theme premium Woothemes.
Review Theme Wordpress Premium Woothemes

[box type="info"]Review ini sama sekali tidak disponsori oleh Woothemes atau pihak lain. Link referral digunakan dalam setiap link ke Woothemes, Anda dipersilahkan menghapusnya jika dirasa membuat Anda tidak nyaman.[/box]
[hr]

Ada Apa di Woothemes?


Woothemes adalah salah satu dari beberapa penjual theme wordpress premium terbesar di dunia. Dalam dua tahun, Woothemes secara diam-diam memperoleh 2 juta dollar dari penjualan theme-nya. Angka yang sangat fantastis! Woothemes terkenal dengan kualitas theme yang sangat bagus dan mudah di-kustomisasi. Ketika artikel ini ditulis ada 77 theme yang tersedia di Woothemes. Kebanyakan themes ini dirancang untuk Wordpress, beberapa di antaranya bisa untuk ExpressionEngine, Drupal, dan Thumblr.
Review Theme Wordpress Premium Woothemes

Harga Theme


Setiap theme dijual dengan harga $70, plus bonus 2 theme. Ketiga theme ini digunakan dengan lisensi Standard. Anda diizinkan untuk menggunakan theme itu pada beberapa theme selama masih milik sendiri. Jika ingin memasang di situs lain, misalnya klien, kita harus membeli lisensi Developer dengan harga yang lebih mahal, $150. Semua theme secara rutin terus di-update. Pembeli memiliki akses seumur hidup terhadap update theme yang dibelinya. Anda bisa juga mendownload semua theme dengan membeli sistem keanggotaan.
Review Theme Wordpress Premium Woothemes

Pertimbangan Kenapa Saya Memilih Woothemes


Saya telah mempertimbangkan banyak theme premium sebelum memutuskan membeli di Woothemes. Secara umum, ada empat faktor yang menjadi faktor pertimbangan saya yaitu Harga, Kualitas, Update, dan Support.

Dibandingkan kompetitornya, harga themes di Woothemes menurut saya sangat murah. Dengan harga $70 per 3 theme, artinya setiap theme berharga $24. Di ThemeForest, setiap theme premium rata-rata dijual dengan harga $30.

Support dari Woothemes


Dengan membeli resmi, Anda memperoleh akses ke dokumentasi setiap theme, tutorial, dan dokumentasi framework theme Woothemes. Melalui resource-resource ini, Anda bisa memanfaatkan semua fitur yang tersedia seperti pemasangan share atau tombol dengan mudah melalui shortcode.

Di situs Woothemes tersedia forum tempat bertanya tentang banyak hal, mulai dari modifikasi CSS sederhana hingga mengubah kode PHP. Forum ini sangat aktif, Anda bisa melihat di bawah bahwa ada cukup banyak thread hanya dalam jarak satu jam. Forum ini dijawab oleh para sukarelawan yang juga berafiliasi dengan Woothemes, di sana disebut dengan Woothemes Ninja. Saya sudah mencoba bertanya di forum ini dan bisa langsung terjawab dalam satu jam.
Review Theme Wordpress Premium Woothemes

Setiap theme secara rutin di-update untuk menyesuaikan dengan perubahan core wordpress atau sekadar menambahkan fitur-fitur baru. Yang paling saya sukai di sini, update bisa diakses seumur hidup.
Review Theme Wordpress Premium Woothemes

Membandingkan dengan Woothemes Bajakan


Ada banyak situs yang secara ilegal membagikan theme premium, termasuk dari Woothemes. Saya bahkan melihat beberapa blogger lokal menggunakan theme Woothemes bajakan. Theme bajakan ini biasanya disisipi dengan link yang telah dienskripsi, biasanya tersimpan di footer. Link yang disisipkan biasanya menuju ke situs bajakan lain, porno, atau perjudian. Link ini bisa saja dihilangkan, namun kita tetap tidak bisa yakin dengan keamanan theme tersebut. Siapa tahu ada kode jahat lain yang dimasukkan ke sana.

Theme premium yang dibagi-bagikan di situs bajakan kemungkinan besar bukan lagi versi terbaru. Saat artikel ini ditulis, update terakhir theme Canvas hanya 5 hari lalu. Dengan membeli secara resmi, Anda dengan mudah memperoleh versi terbarunya.

Pengguna Woothemes bajakan juga tidak akan memperoleh support langsung. Di situsnya, Woothemes menyediakan tutorial yang secara spesifik untuk themenya. Pengguna theme bajakan juga tidak bisa bertanya langsung.

Point terpenting adalah penggunaan theme bajakan bisa menjatuhkan reputasi blog. Tentu kita juga tidak mau berurusan dengan hukum.

Theme Premium Woothemes Terlalu Mahal Untuk Saya


Woothemes juga menyediakan theme-theme gratis. Kualitasnya sama dengan yang premium. Baik gratis maupun premium menggunakan framework yang sama. Dokumentasi theme gratis juga tersedia. Sama seperti theme premium, theme gratis pun secara berkala di-update untuk memperbaiki atau menambah fitur tertentu. Bedanya Anda tidak memperoleh support yang telah dijelaskan di atas.

Kesimpulan


Mudah-mudahan artikel bermanfaat juga bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli theme premium. Di artikel berikutnya, saya akan membandingkan antara theme gratis, premium, dan theme buatan sendiri (custom theme).