Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

Idealnya, sebuah blog harus sering di-update. Sebagian blogger terkenal bahkan menyarankan untuk meng-update setiap hari. Tentu saja, tidak saja sering di-update, artikel yang dibuat pun haruslah berkualitas. Kita tahu bahwa artikel berkualitas tidak bisa dihasilkan hanya dalam satu atau dua jam, di sinilah peran penting blog tamu. Blog tamu maksudnya adalah menulis artikel atau tutorial untuk situs milik orang lain.


Hingga saat ini, saya sudah menulis untuk beberapa situs, sebagian di antaranya cukup besar. Saya juga mendapat penawaran untuk menulis tutorial di beberapa situs namun saya tolak. Di tulisan ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman. Saya akan membahas beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan sebelum menerima tawaran blog tamu.




[hr]

1. Reputasi Situs


Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

Faktor terpenting adalah reputasi situs. Tentu saja Anda harus mengutamakan situs dengan reputasi baik ketimbang situs biasa. Jika menulis di situs besar yang reputasinya sudah terpercaya, para pembaca akan dengan mudah mempercayai Anda sebagai pakar yang patut diperhitungkan.


Jika menerima tawaran menulis dari situs yang tidak Anda kenal sebelumnya, mulailah dengan memeriksa reputasinya. Buka situsnya, lihat siapa pemiliknya, baca isi artikelnya, dan kenali siapa pengunjungnya. Periksa juga Google Page Rank atau Alexa Rank situs. Jika ternyata situs baru, perhatikan konsistensi tulisannya. Apakah situs ini berpotensi menjadi situs besar? Jika ya, sementara Anda punya cukup waktu dan energi untuk melakukannya, lakukanlah. Siapa tahu dari sana Anda bisa memperoleh tawaran yang lebih baik.


2. Fasilitas Yang Ditawarkan


Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

Situs yang baik biasanya memberikan cukup ruang untuk biografi penulis di bagian akhir artikel. Di sana Anda bisa menuliskan satu paragraf bercerita tentang siapa Anda, pekerjaan Anda, alamat situs, link twitter, dan info lain yang ingin ditambahkan. Fasilitas ini mencerminkan penghargaan pemilik situs pada penulisnya. Jika tidak menyediakan biografi, mungkin situs itu hanya ingin memanfaatkan Anda.


Dalam hal ini, tutsplus+ adalah situs terbaik yang pernah saya temukan. Di situs ini, panjang biografi tidak dibatasi. Lihatlah penulis di bawah, dia menuliskan semua kejayaan yang dimilikinya.


Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

Selain itu kotak info, situs yang baik akan memberikan halaman khusus untuk penulisnya. Sebagian situs memberikan fasilitas khusus dengan menyediakan ruang untuk email dan account twitter.


Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

Yang tidak bisa saya mengerti adalah PhotoshopTutorials. Situs ini terkenal karena menyediakan tutorial berkualitas tinggi, bayarannya pun lebih besar dari Psdtuts+. Namun entah kenapa situs ini sama sekali tidak menyediakan link apalagi biografi penulisnya.


Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

3. Uang


Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

Anda hanya akan mendapatkan uang dari satu artikel yang ditulis, tapi reputasi Anda akan bertahan selamanya.



Ini berlaku jika Anda seorang penulis professional. Maksudnya, menulis bukan sekedar hobi tapi merupakan pekerjaan sehari-hari Anda. Sayangnya, tidak semua situs bersedia membayar artikel dari para penulis blog. Selain itu, tidak semua blog sanggup membayar para penulis tamu. Jadi, sebelum menerima tawarannya, pastikan hal ini sudah jelas. Biasanya, dalam proses negosiasi awal saya langsung mengatakan tarif yang biasa saya terima. Ingat, pastikan untuk memberikan ruang negosiasi.


"My current rate is $xx-xxx based on the complexity and depth of the tutorial. Let me know what you think."



Perlu diperhatikan bahwa uang jangan dijadikan prioritas utama dalam menerima tawaran blog tamu. Anda hanya akan mendapatkan uang dari satu artikel yang ditulis, tapi reputasi Anda akan bertahan selamanya.

Jadi, pastikan kualitas artikel Anda sepadan dengan bayaran yang diterima.

4. Hubungan Personal


Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu

Terakhir, kadang-kadang Anda akan diminta menulis oleh orang-orang yang Anda kenal. Baik itu kenalan sesama blogger atau kenalan di dunia nyata. Jika memang kondisinya memenuhi kriteria di atas, kenapa harus ditolak?


Bagaimana jika kondisinya tidak seideal itu? Anda harus berfikir lebih jauh. Apakah kenalan Anda ini merupakan klien potensial? Mungkinkah suatu saat dia bisa memberi Anda pekerjaan yang menarik? Atau mungkin ada pertimbangan lain di luar professionalisme kerja? Tidak ada aturan khusus untuk ini, Anda sendiri yang bisa menilai. Walaupun begitu, pastikan situsnya memenuhi atau setidaknya mendekati kriteria-kriteria yang saya sebutkan di atas.


Mungkin saja hubungan personal di sini bukan dengan pemilik situs tapi dengan situs itu sendiri. Misalnya, Anda banyak belajar dari situs tersebut dan sudah kenal dengan komunitas yang aktif di sana. Sama seperti sebelumnya, Anda sendiri yang dapat menentukan nilai penawaran tersebut.


Jika Anda nilai tawaran blog tamu tidak pantas Anda terima, tolaklah dengan halus. Katakan saja Anda sibuk atau akan menghubungi lagi di kemudian hari. Waktu Anda terlalu berharga untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.



[hr]

Kesimpulan


Inilah sedikit hal yang saya pelajari dari pengalaman pribadi. Mudah-mudahan berguna untuk Anda yang berniat menulis blog tamu. Jika sebaliknya, Anda pemilik blog yang ingin mengundang penulis luar, saya harap Anda mempelajari beberapa hal baik yang perlu ditawarkan pada mereka. Intinya, menulis blog tamu haruslah menghasilkan win-win solution. Kedua pihak harus diuntungkan, baik penulis atau pemilik blog.


Bagaimana pengalaman Anda? Ada yang ingin ditambahkan?



[hr]

Source Foto