5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Ada banyak tutorial Photoshop yang tersedia di internet, hampir semuanya gratis. Tentu saja ini berarti tantangan bagi Anda jika ingin menulis sebuah tutorial. Dalam artikel ini, saya jelaskan beberapa faktor yang membuat sebuah tutorial berkualitas. Semua poin disertai dengan contoh tutorial yang saya ambil dari situs-situs tutorial terkemuka.
[hr]

1. Hasil yang bagus


Faktor paling pertama yang menentukan kualitas sebuah tutorial adalah hasil akhirnya. Ini juga menjadi pertimbangan pertama bagi semua situs yang membeli tutorial-tutorial berkualitas.
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Lihat gambar buatan Nik Ainley di atas. Gambar di atas adalah salah satu gambar seni tipografi paling terkenal di dunia. Gaya gambar ini telah menjadi trend dan banyak ditiru oleh para artis. Melihat gambar sebagus ini, siapa yang tidak tertarik untuk melihat tutorial cara pembuatannya?


5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas


Tutorial Create a Floating Island Scene Similar to James Cameron’s Avatar memperlihatkan manipulasi foto yang sangat out of the world. Gambar yang dihasilkan terinspirasi dari kondisi alam Pandora di film Avatar yang juga sangat terkenal. Semua orang pasti tertarik untuk mengetahui proses di balik pembuatannya, mulai dari pengguna Photoshop hingga fans Avatar.

2. Ide yang unik


Kita tahu bahwa tujuan utama tutorial adalah mengajarkan. Masalahnya setiap projek gambar biasanya berkutat pada teknik itu-itu saja. Misalnya manipulasi foto pasti membahas pembuatan seleksi, masking, dan adjustment layer di akhir. Bukankah akan lebih bagus jika kita bisa mempelajari teknik yang benar-benar baru?
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Dalam tutorial Quick Tip: Create a Complex Pattern by Nudging Smart Object, saya menunjukkan cara pembuatan pola rumit dengan teknik yang benar-benar unik. Sebelumnya, tidak ada satu pun tutorial membahas teknik pembuatan pola yang bisa berlaku dalam semua kondisi.
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Tutorial Create amazing water-drenched photomontages dari Nik Ainley memperlihatkan konsep yang unik, mengganti tubuh manusia dengan air. Teknik yang digunakannya pun unik, memilih air menggunakan mask dari channel warna. Ini adalah salah satu teknik terpintar karena selain cepat, hasilnya pun sangat bagus.

3. Setiap langkah dijelaskan secara detail


Sebuah tutorial yang baik akan menjelaskan secara lengkap langkah yang dilakukan penulisnya hingga memperoleh hasil akhir. Tidak boleh ada ruang yang membuat pembaca bertanya-tanya, "Bagaimana langkah 2 bisa berakhir jadi langkah 3?"
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Tutorial How to Break an Egg in Photoshop menunjukkan cara menggambar sebuah telur pecah di Photoshop. Tutorial ini memiliki lebih dari 50 langkah, semua dijelaskan hingga detail-detail terkecil. Dengan melihat gambar-gambarnya, kita bisa melihat secara terperinci langkah yang dilakukan hingga diperoleh gambar telur yang realistis.
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Tutorial The Making of Mystic dari Nik Ainley membahas secara detail dan terperinci. Setiap perubahan kecil diperlihatkan dan disertai dengan penjelasan yang cukup panjang. Dengan membaca tutorial ini Anda bukan saja belajar teknik tapi juga bisa mengintip cara kerja seorang artis professional tingkat dunia. Sungguh suatu kesempatan yang langka.

4. Membahas konsep yang lebih luas


Tutorial haruslah memberi gambaran yang lebih luas dari sekedar teknik Photoshop. Mungkin Anda bertanya, "Bukankah seharusnya tutorial Photoshop membahas teknik Photoshop?" Memang ya, tapi pembaca juga harus memahami kenapa teknik itu digunakan dan dalam kondisi apa saja. Selain itu, dalam kondisi real, sebuah projek tidak selalu mengandalkan teknik-teknik Photoshop. Misalnya, kadang dalam sebuah projek kita akan menggabungkan elemen 3D, gambar manual, desain karakter, dan manipulasi foto. Tentu saja sulit sekali untuk berharap hanya pada Photoshop. Jadi, ketika menulis tutorial, buat pertanyaan sederhana, "Selain teknik Photoshop, skill apa lagi yang bisa diperoleh pembaca dari tutorial ini?"
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Tutorial Creative Photo Composition: Get More Out of What You’ve Got dari Collis, pendiri Psdtuts+ hanya menggunakan teknik-teknik sederhana. Cropping dan Masking. Yang terpenting dalam tutorial itu bukan memahami tekniknya, tapi memecahkan salah satu masalah yang sering dialami desainer, source file yang buruk.
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Alex Beltechi melakukan pendekatan unik dalam tutorial How to Create a One-of-a-Kind Twitter Background in Photoshop. Proses menggambar dimulai secara manual menggunakan pensil di kertas kalkir kemudian di-import ke Photoshop. Di sini, Beltechi membahas teknik tracing manual, membuat efek pencahayaan dalam gambar, termasuk memilih pensil yang digunakan ketika menggambar. Materi ini merupakan materi yang diajarkan di kuliah seni Beltechi dan tentu saja berguna bagi para desainer yang belajar secara otodidak.
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Tutorial Killer 3D Poster Design with 3DS Max & Photoshop menunjukkan secara lengkap pembuatan teks 3D untuk projek poster. Tutorial ini sangat lengkap, membahas mulai dari mendesain text di Illustrator, modelling di 3Ds Max, rendering dengan V-Ray, dan finishing di Photoshop. Anda bisa belajar beberapa software hanya dari tutorial ini. Kelebihan lainnya, Anda bisa mengetahui proses nyata yang terjadi dalam sebuah desain karena tutorial ini memang berdasarkan pada projek sesungguhnya.

5. Disertai file source dan hasil


Semua tutorial sebaiknya selalu disertai dengan source file dan hasil akhirnya. Yang dimaksud source file adalah segala sesuatu yang digunakan dalam tutorial.Ini bisa berupa stock foto, brush, tekstur, actions, bahkan file setting untuk pencahayaan 3D. Semua source harus disertakan, tanpa kekecualian. Dengan cara ini, selain mempermudah pembaca Anda juga menghormati pemilik stock yang digunakan. Dalam hal ini, etikanya adalah selalu memberikan link pada halaman download tidak langsung pada filenya.

Mengingat file akhir sering kali sangat besar, bisa ratusan MB, tidak semua situs sanggup melakukannya. Tutorial9 menyediakan secara gratis, Psdtuts+ hanya menyediakan file akhir bagi member dengan biaya $9 per bulan, sebagian lagi menyimpannya di situs hosting file gratis semacam rapidshare atau mediafire.
5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas

Dalam kasus ini, contoh yang bagus adalah tutorial How to Create a Matte Painting Inspired Scene. Tutorial ini memberikan daftar lebih dari 15 source file yang digunakan.
[hr]

Kesimpulan


Jadi, inilah lima faktor yang harus Anda pertimbangkan ketika menulis sebuah tutorial. Jika tutorial Anda sudah memenuhi kelima faktor ini, maka besar kemungkinan Anda bisa menjualnya dengan harga yang lumayan tinggi. Apakah masih ada faktor lain yang terlewat? Jika ya, beritahu saya lewat komentar di bawah.