Gritty Look

gritty-look_01

Akhir-akhir ini saya sedang sibuk dengan pembuatan buku baru, judulnya Uncover Photoshop. Dan efek ini adalah salah satu projek yang dijelaskan di sana. Efek yang di beri nama Gritty Look ini merupakan kombinasi dari tampilan high contras dan banyak sharpening. Bagi yang ingin ngebut, saya sediakan efek ini dalam bentuk actions yang bisa Anda download di sini.

Download Gritty Look Action

1. Mulai dengan membuka gambar yang akan diedit. Efek ini terlihat bagus untuk gambar potret dengan latar warna-warna netral. Gandakan background dengan menekan ctrl+J.



2. Klik Filter|Other|High Pass. Gunakan setting radius secukupnya.



3. Ubah blending mode jadi overlay.



4. Sekarang aktifkan lagi Background lalu tekan ctrl+J untuk sekali lagi menggandakannya. Simpan layer baru ini ke posisi teratas. Hilangkan warnanya dengan perintah Desaturate (ctrl+shift+U) lalu ubah blending mode ke Hard Light.



5. Ratakan semua layer dengan klik Layer|Flatten Image, semua layer akan menyatu menjadi satu Background. Lagi, gandakan Background (ctrl+J) lalu jalankan lagi filter terakhir, High Pass, dengan cara tekan ctrl+F. Ubah blending mode layer ke Overlay.



6. Klik Image|Adjustments|Curves. Klik dan geser kurva bagian atas agar highlight gambar lebih terang. Perhatikan gambar di bawah bila Anda belum faham maksud saya. Setelah selesai klik OK lalu ratakan kembali layer (Layer|Flatten Image).



7. Seperti ini hasilnya. Sampai sini, efek gritty pada si objek sudah selesai. Kita akan memberi sedikit pemanis dengan memberi tambahan bingkai blurry di sekelilingnya.



8. Aktifkan tool marquee persegi lalu seleksi bagian dalam gambar. Tekan ctrl+shift+I untuk membalik bentuk hingga seperti gambar di bawah.



9. Buat layer baru lalu isi seleksi dengan warna hitam. Kita memperoleh bentuk bingkai sederhana seperti ini.



110. Langkah terakhir, klik Filter|Blur|Gaussian Blur. Gunakan radius blur yang cukup besar hingga bingkai terlihat buram. Akhirnya, ratakan lagi semua layer dengan klik Layer|Flatten Image.

Comments

  1. Bagus banget ..., kapan bukunya diluncurkan

    ReplyDelete
  2. mantap tutorialnya...

    Cara Memberi Efek Pada Photo Online
    http://infodarieka.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Thanks buat tutorialnya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. kereen bangeet.. thanks ya infonya :)

    ReplyDelete
  5. saya sudah membeli bukunya, tapi DVDnya hilang..
    ada yang bisa membantu saya?
    terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  6. ini yang saya cari...
    makasih gan

    ReplyDelete
  7. Thank you for every other informative blog. Where else may I
    get that kind of information written in such a perfect manner?

    I've a undertaking that I am simply now operating on, and I've been at the glance out for such information.

    ReplyDelete
  8. ....

    oh iya, di sini juga buat photosop yang mirip kyk gtuan Toutorial Pembuatan Efek Refleksi Dari Photoshop CS4 mampir kalo sempat hehe,.,,

    ReplyDelete
  9. Saya juga sempet bkin tutorial foto efek velvet dengan photoshop, saya yakin bkin tutorial untuk artikel itu susah2 gampang, tapi salut. maju terus mas. jangan berhenti tetep semangat :)

    ReplyDelete
  10. Makasih gan, ini yang saya cari2. tp gk tau kata kuncinya.
    akhrnya ktmu dsni.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts